ASA “NEVER GIVE UP”

Dalam kamus bahasa Indonesia kata “asa” bermakna banyak yaitu putus asa, tidak ada harapan, harap. Namun dalam hal ini penulis hanya menggunakan makna yang pertama yaitu putus asa. Ketika kita berbicara tentang asa atau putus asa, maka di dalam benak kita akan terlintas bahwa tidak ada seorang manusia pun baik itu di Indonesia ataupun bahkan dibelahan bumi manapun yang tidak pernah merasakan putus asa. Setiap manusia baik itu muda atau tua, besar atau kecil, kaya atau miskin pasti pernah merasakan yang namanya putus asa. Akan tetapi, ada sebagian manusia yang dapat mengatasi keputus asaan tersebut dan ada pula sebagian manusia lainnya yang tidak mampu mengatasinya, bahkan mereka malah terhanyut di dalam keputus asaan tersebut.

Pada dasarnya putus asa merupakan hal atau kejadian yang alamiah terjadi kepada setiap manusia, karena manusia memiliki akal, pikiran dan perasaan. Lain halnya dengan binatang yang diberikan oleh Tuhan hanya sebuah insting sehingga mereka tidak memiliki rasa malu, rasa segan dan rasa iba terhadap sesamanya. Setiap orang tua selalu menasehati anaknya agar tidak berputus asa dalam mengarungi samudera kehidupan, setiap guru selalu mengajarkan kepada muridnya untuk tabah dan kuat dalam menghadapi permasalahan dan tidak berputus asa dalam masalah tersebut, dan setiap agama pun selalu mengarahkan ummat atau pengikutnya untuk selalu yakin atas pertolongan Tuhannya dan tidak berputus asa dari jalan-Nya.

Bagi Ummat Islam, di dalam Al Quran Allah SWT telah berfirman bahwa “Janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah”. Artinya, sudah jelas bahwa setiap orang pasti pernah mengalami putus asa akan tetapi janganlah kita tenggelam di dalam keputus asaan tersebut, namun kita harus bangkit dan melawan rasa putus asa itu agar Allah selalu memberikan rahmat dan pertolongannya kepada kita. Setiap masalah pasti ada solusinya, dan setiap solusi memiliki jalan keluar yang baik bagi setiap orang yang mau berusaha keras untuk menghadapinya dan tidak menyerah karenanya.

0 Responses

Posting Komentar

abcs